Apa Itu Vivo? SPBU yang Sempat Jual BBM Paling Murah

Apa Itu Vivo? SPBU yang Sempat Jual BBM Paling Murah Kredit Foto: Antara/ Indrianto Eko Suwarso

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Vivo menjadi incaran para pengendara selepas adanya kenaikan harga dari bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi Pertalite yang diumumkan pemrintah pada Sabtu (3/9/2022).

Perusahaan swasta PT Vivo Energy Indonesia merupakaan perusahaan yang bergerak di bidang energi, yaitu minyak dan gas bumi yang menyalurkan BBM di dalam negeri. Vivo resmi beroperasi di Indonesia sejak 2017, yaitu dengang membuka cabang pertama SPBU di Jalan Raya Cilangkap, Jakarta Timur.

Vivo menjadi perbincangan masyarakat karena sempat menjual BBM dengan harga yang lebih murah dibanding yang dijual oleh Pertamina. Harga BBM yang dijual Vivo sebelumnya adalah Rp8.900 perliter. Harga ini berada di bawah Pertalite yang sudah menyentuh harga Rp10.000 perliter dari sebelumnya Rp7.650 perliter. Namun, harga BBM jenis Revvo 89 ini sudah resmi naik menjadi Rp10.990 perliter mulai hari Selasa, 6 September 2022.

Selain itu, harga solar juga melonjak naik dari yang sebelumnya seharga Rp5.150 perliter kini naik menjadi Rp6.800 perliter.

Baca Juga: Pemerintah Mau Utak-atik Harga BBM di SPBU Vivo yang Lebih Murah Ketimbang Pom Bensin Pertamina, PKS Murka: Nggak Usah Lebay!

PT Vivo Energy Indonesia merupakan anak usaha dari Vitol Group yang memiliki kantor pusat di Swiss. Sebelumnya, perusahaan ini sudah memiliki stasiun pengisian bahan bakar di Australia , Belanda, Inggris, Singapura, dan beberapa negara Afrika.

Di Indonesia sendiri, perwakilan Vitol berkantor di Gama Tower, kawasan Rasuna Said, Kuningan, dengan kilang dan tangki BBM di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Baca Juga: Survei Indikator: Mayoritas Warga Lebih Setuju Subsidi Harga BBM Daripada BLT

Polemik perbedaan harga yang sempat dialami Vivo dengan Pertamina berujung dengan kenaikan harga Revvo 89 yang dimiliki Vivo menjadi Rp10.990. Padahal, antara Revvo 89 dengan Pertalite hanya memiliki selisih satu RON dimana Pertalite unggul dengan jumlah 90 RON.

Terkait

Terpopuler

Populis Discover

Terkini