Intip Profil Johan Budi, Sosok Yang Dicopot Dari Wakil Ketua BURT DPR

Intip Profil Johan Budi, Sosok Yang Dicopot Dari Wakil Ketua BURT DPR Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Baru-baru ini nama Johan Budi sedang ramai dibicarakan. Pasalnya, Johan Budi telah dipecat dari BURT DPR RI sebagai wakil ketua. Saat ini, wakil ketua BURT DPR RI telah digantikan oleh Dede Indra Permana selaku anggota PDIP dari dapil Jawa Tengah. 

Pencopotan jabatan ini dilakukan pada Selasa, 01 November 2022 pada pukul 13.00 WIB. Namun, Sekretaris Jenderal DPR RI tidak menjelaskan apa sebabnya Johan Budi dicopot jabatannya.

Diketahui, Johan Budi menjabat sebagai Wakil Ketua BURT DPR RI sejak Februari 2022. Johan Budi juga pernah bermasalah dengan PDIP lantaran dirinya terlibat pembentukan dewan kolonel yang mana hal tersebut bertentangan dengan aturan partai. 

Lantas seperti apa profil lengkap dari Johan Budi

Biodata lengkap

Pria dengan nama lengkap Johan Budi Sapto Pribowo lahir di Jawa Timur pada 20 Januari 1966. Johan Budi merupakan lulusan Universitas Indonesia fakultas teknik. Adapun rincian lengkap pendidikan yang dienyam Johan Budi:

  1. SDN Kemantren II dan lulus pada tahun 1977.
  2. SMPN 2 Mojokerto, selesai pada tahun 1981.
  3. SMAN 1 Sooko Mojokerto, selesai pada tahun 1984.
  4. Universitas Indonesia di Fakultas Teknik, lulus pada tahun 1992. 
  • Berkarir Sebagai Jurnalis Hampir 10 Tahun 

Kecintaan Johan Budi terhadap dunia tulis menulis menghantarkan dirinya menjadi Wartawan. Profesi wartawan pun menjadi langkah awal Johan Budi mendapati profesinya saat ini. 

Baca Juga: PDIP Sanksi Keras Dewan Kolonel, Johan Budi: Salah Saya Apa?

Baca Juga: Intip Profil Hingga Harta Kekayaan Johanis Tanak, Sosok Wakil Ketua KPK Yang Baru

Di tahun 1994 hingga 1999, Johan Budi menjadi kolumnis harian di Media Indonesia. Johan Budi menapaki karier menjadi seorang Reporter. Setelah lima tahun bekerja, Johan Budi kemudian pindah ke Majalah Tempo. 

Tak puas sampai situ, Johan Budi juga mengikuti pelatihan jurnalistik dan hubungan masyarakat, beberapa pelatihan yang dilakukannya kursus Jurnalistik Cetak dan Televisi di Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) & ABC News Meulbroune, Australia, pelatihan Public relations dan Jurnalistik di Universitas Indonesia, dan lain sebagainya. 

  • Pernah Menjabat Sebagai Pimpinan Sementara KPK

Tak puas hanya menjadi seorang Wartawan, Johan Budi kemudian melanjutkan langkahnya dengan mendaftarkan diri di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Awalnya Johan Budi dipercaya menjadi Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, kemudian menjadi juru bicara KPK dan masa puncak kejayaan saat dirinya menjadi pimpinan sementara KPK saat sedang terjadi kekosongan jabatan di KPK. 

Setelah itu, Johan Budi mencalonkan diri sebagai komisioner KPK namun tidak berhasil. Akhirnya ditunjuk langsung oleh Presiden Jokowi menjadi juru bicara presiden. Menjadi jubir Presiden dan berhubungan langsung dengan media adalah hal sehari-hari yang biasa dilakukan oleh Johan. Jam terbang telah membuktikan hal tersebut. 

Baca Juga: Pengungsi Cianjur Copot Label Gereja, Pak Polisi: Tidak Intoleransi, Cuman Stikernya yang Dibuka, Tendanya Tetap Dipakai!

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover