Belum Pulih Seutuhnya, Kini Indonesia Diserang Virus Omicron XBB

Belum Pulih Seutuhnya, Kini Indonesia Diserang Virus Omicron XBB Kredit Foto: Rakyat Merdeka

Belum pulih seutuhnya, varian omicron XBB masuk ke Indonesia. Hal ini dikonfirmasi oleh Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan yang mengungkapkan virus omicron XBB sudah masuk ke Indonesia. 

Jauh sebelum masuk ke Indonesia, varian omicron XBB ini telah terdeteksi dibeberapa negara yaitu di Jepang, Amerika Serikat, Denmark, India, Australia, Bangladesh, Denmark, dan Singapura sejak Agustus 2022. 

Singapura sebagai negara tetangga dan terdekat Indonesia, lebih dari 6000 kasus perhari. Bahkan varian baru ini telah mendominasi covid-19 di Singapura. 

"Singapura sekarang kasusnya naik lagi ke 6.000 per hari karena ada varian baru yang namanya XBB. Varian ini juga sudah masuk ke Indonesia. Kita amati terus," kata Budi Gunadi Sadikin. 

Baca Juga: Terungkap, Ini Alasan Heru Budi Hartono Membuka Kembali Meja Aduan di Balai Kota, Ternyata...

Lebih lanjut, meski sudah teridentifikasi di Indonesia, namun Budi Gunadi Sadikin tidak memberitahu di provinsi mana varian virus omicron XBB ini teridentifikasi. Masuknya virus varian omicron XBB, Budi Gunadi Sadikin sampaikan pada saat acara FMB9 pada Jumat (21/10). 

Melihat varian ini dapat dipastikan, Indonesia belum benar-benar pulih dan terbebas dari pandemi. Karena varian virus baru akan terus bermunculan dan mengalami mutasi. Meski saat ini di Indonesia sudah bisa mengendalikan dan menekan angka penyebaran covid-19 sejak Agustus 2022. 

Baca Juga: Ingin JPU Kasus Brigadir J Karantina di Rumah Aman, Kamaruddin: Supaya Terbebas dari Virus ‘Doa’, Hmm..

Langkah Yang Harus Diambil Indonesia 

Dengan demikian, Budi Gunadi Sadikin menekankan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menggunakan handsinitizer, maupun memperkuat PPKM atau pembatasan sosial berskala besar. 

Satu hal yang patut diapresiasi bahwa warga Indonesia menjadi salah satu warga negara yang paling patuh mentaati protokol kesehatan di saat negara-negara lain sudah bebas melepas masker.  

Selain itu, Indonesia juga sudah memiliki vaksin buatan sendiri yang bisa digunakan untuk menjaga stamina dan meminimalisir terkena varian virus omicron XBB. Apalagi, 240 juta orang sudah melakukan vaksinasi. 

Masker menjadi salah satu penyebab virus omicron XBB di Singapura karena masyarakat Singapura sudah bebas melepas masker sehingga peluang untuk tertular virus lebih tinggi. 

Gejala Terkana Virus Omicron XBB 

Dilansir dari berbagai sumber, adapun ciri-ciri warga yang terkena varian virus omicron XBB yang telah mengepung Singapura: 

  • Flu 
  • Demam ringan 
  • Sakit tenggorokan

Memang gejala dari varian omicron XBB ini sangat ringan sehingga jika warga tidak menyadari mereka akan menganggap hanya terkena sakit biasa. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan akan virus omicron XBB. Yang terpenting, warga Indonesia tetap menjaga imunitas dan protokol kesehatan. 

Baca Juga: Terduga Penghina Iriana Diusir hingga Diarak Warga Setempat, Apa Benar?

Terkait

Terpopuler

Terkini

Populis Discover